DAD Kapuas Hulu Gelar Rapat Kerja Daerah

oleh

KAPUAS HULU – Dewan Adat Dayak Kabupaten Kapuas Hulu periode tahun 2017 – 2018 menggelar rapat kerja daerah yang dilaksanakan di balai pertemuan gedung Bank Kalbar Kapuas Hulu, Rabu (20/12/17).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Seketaris Umum DAD Propinsi Kalimantan Barat, Drs, L Kebing, Asisten III, Muhammad Yusuf mewakili Bupati Kapuas Hulu, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi, SIK, MH, Kajari Kapuas Hulu, Rudi, SH, dan perwakilan adat se Kapuas Hulu.

Dalam sambutan Ketua Dewan Adat Dayak terpilih periode 2017 – 2022, Antonius L Ain Pamero, SH, mengatakan, keberadaan DAD ini merupakan mitra pemerintah daerah, yaitu melaksanakan tugas dan pelayanan sesuai dengan fungsinya.

“Hal ini perlu saya sampaikan guna menghindari terjadinya premanisme adat yang sering terjadi, baik tingkat dusun, desa, kecamatan, maupun kabupaten, dan hal ini perlu di eliminer agar tidak lagi terjadi isu- isu yang menyesatkan masyarakat,” ungkapnya.

Apalagi masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu akan menghadapi pemilihan Gubernur Kalimantan Barat, sehingga isu negatif seringkali dihembuskan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itulah diharapkan kehadiran DAD ini perlu lebih ditingkatkan, dan juga peranserta seluruh pengurus adat yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Marilah bersama-sama menangkal sebelum terjadi permasalahan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Propinsi Kalimantan Barat, Drs, L Kebing mengatakan, saat ini bukan lagi bicara mengenai adat Dayak, tetapi yang lebih penting adalah, bagaimana fungsi DAD ini sebagai motor penggerak dalam meningkatkan sumber daya masyarakat (SDM) yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Selain itu, DAD diharapkan lebih meningkatkan peran serta, atau andil dalam kepemerintahan, sehingga tujuan maupun program DAD bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Pada Pilgub yang sebentar lagi akan dilaksanakan, diharapkan DAD bisa menyejukan warga kita yang kadang -kadang sering terjadi miskomonikasi,” pintanya. (mul)