80 KK Warga Transmigrasi Diserahkan ke Pemkab Barito Utara

oleh
Ninik Haryani, Kasi Pembangunan Kawasan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UKM Barito Utara. Foto : Bani

MUARA TEWEH – Setelah lima tahun dibina oleh Dinas Transmigrasi dan Koperasi, akhirnya warga transmigrasi diserahkan ke Pemkab Barito Utara.

Ninik Haryani, Kasi Pembangunan Kawasan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UKM Barito Utara, Rabu (20/12/17) mengatakan, bahwa sebanyak 80 kepala keluarga atau 336 jiwa warga transmigrasi kini sudah diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Barito Utara.

Penyerahan ini, kata Ninik, setelah lima tahun dilakukan pembinaan, agar mereka tumbuh dan mandiri, dan tidak ketergantungan lagi dengan dinas transmigrasi.

Menurutnya,warga transmigrasi Desa Sei Rahayu 1, Kecamatan Teweh Tengah, dulunya ditempatkan sejak tahun 2011, terdiri dari 40 warga lokal dan 40 warga pendatang dari NTT dan Jawa Tengah.

Setelah dilakukan pembinaan selama lima tahun, lanjut dia, maka sesuai dengan ketentuan diserahkan pada pemerintah daerah atau dinas terkait baik masalah pembangunan juga masalah sosial di masyarakat.

“Kemarin sudah kita lakukan penyerahan langsung kepada bapak Bupati Nadalsyah saat launching listrik desa,” kata Nanik Haryani.

Tambahnya, sebelum diserahkan memang keberadaan warga transmigrasi, merupakan tanggung jawab dinas transmigrasi selama lima tahun.

“Setelah kita serahkan, itu merupakan kewenangan dari pemkab, baik program pembangunan dan program lainnya demi kesejahteraan warga transmigrasi,” pungkasnya. (Bani)