Diresmikan Sekda Banjar, Ini Fungsi Unit Metrologi Legal..

oleh
Suasana peresmian Unit Metrologi Legal. Foto : syd

MARTAPURA – Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Ir. H. Nasrunsyah SP meresmikan Unit Metrologi Legal upaya meningkatkan pengawasan penggunaan UTTP, BDKT dan satuan ukuran dengan baik dan benar di halaman kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, Selasa (19/12/17).

Dalam peresmian Unit Metrologi Legal (UML) juga dihadiri Balai Standarisasi dan Metrologi kelas 3 Regional Kalimantan, Perusahaan Daerah Bautung Batuah, pedagang pasar dan pengusaha.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, Ramlan melalui sambutannya mengatakan, bahwa membentuk Unit Metrologi Legal adalah upaya untuk meningkatkan kualitas perdagangan yang ada di Kabupaten Banjar, sehingga seluruh pedagang yang ada di dalam pasar maupun di luar pasar bisa tertib ukur.

Adapun timbangan yang harus tertib ukur seperti bahan sembako, sayur, buah dan barang makanan lainnya serta ukuran timbangan yang menggunakan ukuran timbangan digital seperti SPBU, PDAM dan PLN.

“Untuk kehadiran Unit Metrologi Legal di Kabupaten Banjar, selain menertibkan ukur dalam timbangan pasar, juga untuk meningkatkan perdagangan lokal seiring dengan makin bertumbuhnya pasar modern yang sudah berdiri disegala sisi jalan, kita berharap dengan masyarakat dan para pedagang untuk menguji timbangan dagangnya baik manual maupun digital bisa mendatangi Unit Metrologi Legal,” ujarnya.

Ramlan juga melanjutkan, agar para pedagang dan pengusaha bisa tertib ukur sebelum adanya Unit Metrologi Legal Disperindag sudah mensosialisasikan ke seluruh masyarakat mengajak masyarakat untuk menguji timbanganya, dan di samping itu juga Disperindag akan mengawasi pedagang sebagai pelaku pasar.