Wujudkan Pemilu Aman, KPU Sanggau Gelar FGD

oleh

SANGGAU – Untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang aman dan damai di Kabupaten Sanggau, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau, Rabu (13/12/17) menggelar Focus Group Discution (FGD).

Sejumlah tokoh masyarakat, ormas, OKP, tokoh agama, PKK, GOW dan kaum difabel hadir dalam diskusi yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Sanggau itu.

Agar FGD berlangsung sesuai harapan, yaitu mewujudkan Pemilu yang aman dan damai, KPU Kabupaten Sanggau mengundang para pihak untuk menjadi nara sumber.

“Kita mengundang beberapa narasumber sesuai fungsinya, diantaranya Panwaslu terkait fungsi pengawasan, Kabag Tapem Setda Sanggau terkait dukungan Pemkab Sanggau mensukseskan Pemilu, Polres Sanggau terkait pengamanan, perwakilan media masa di Sanggau terkait pemberitaan dan KPU tentang kesiapan dan tahapan-tahapan. Untuk KPU saya sendiri yang menyampaikan materi,” kata Ketua KPU Sanggau, Sekundus Ritih diwawancarai usai acara.

Sekundus menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk mencari kesepahaman sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai sesuai harapan bersama.

“Diharapkan sepulang dari kegiatan ini hasilnya bisa disampaikan juga kepada lingkungan kita masing-masing. Oleh karenanya peran kita semua sangat diharapkan untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua kaum Disabilitas Kabupaten Sanggau, Bambang menyambut baik kegiatan yang digagas KPU Sanggau ini. Ia berharap KPU tetap menjalin komunikasi dengan kaum disabilitas karena masih banyak kaum difabel yang kesulitan menggunakan hak pilihnya.

“Saya sudah tanya-tanya dengan Ketua KPU tadi dan memang selama ini KPU Sanggau tetap konsisten memperhatikan kami sebagai kaum yang penuh keterbatasan. Hak-hak politik kami bisa kami gunakan karena memang negara menjaminya,” ujar Alumnus UPB Fakultas Ekonomi tersebut kepada wartawan. (indra)