Pontianak Boyong Tiga Penghargaan Kota Cerdas

oleh

PONTIANAK – Hanya selang beberapa hari, Kota Pontianak kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Tak tanggung-tanggung, tiga buah penghargaan diboyong sekaligus pada penganugerahan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 di Istana Wakil Presiden RI, Senin (11/12/17).

Dari 14 kategori penghargaan yang diberikan Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga kategori penghargaan berhasil disabet Kota Pontianak, yakni Kategori Rating Pengembangan dan Pengelolaan Kota (Smarter Way), Rating Digital Government Readiness (Rating Kesiapan Pemerintah dalam Dunia Digital) dan Rating Kesiapan Integritas (Integration Readiness). Pontianak termasuk 5 kota sedang yang menerima penyerahan penghargaan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan ucapan selamat kepada kota-kota yang menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan yang diberikan ini sebagai dorongan dan motivasi bagi semuanya. Ia berharap apa yang dicapai melalui penghargaan ini sejalan dengan sejarah kemajuan kota.

“Kota Cerdas itu bagaimana sebuah kota dikelola dengan baik, dibantu oleh IT, kecerdasan buatan dan sebagainya sehingga jika ada masalah, bagaimana mengkondisikannya, ada solusi, ada tools, pelaksanaan dan output yang jelas,” jelasnya.

Ditambahkannya, kemajuan digital dan IT tentu tidak bisa dihindari, setiap kemajuan selalu ada keberhasilan dan ada korban dari kemajuan itu. Tantangan yang dihadapi, hendaknya menjadi motivasi daerah untuk menyelesaikan setiap permasalahan di daerahnya dengan cara yang cerdas.