26 Rumah Adat Betang Taman Siut di Putussibau Hangus Terbakar

oleh
26 rumah adat betang Taman Siut yang terbakar di Kapuas Hulu

PUTUSSIBAU – 26 buah rumah adat betang Taman Siut di Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat hangus terbakar. Diduga terbakarnya rumah adat betang Taman terjadi sekitar pukul 23.30 wib, Minggu (10/12/17) karena diakibatkan konsleting listrik.

Margareta, salah seorang penghuni rumah betang Taman Siut mengatakan, Senin (11/12/17) bahwa saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, karena ia sekeluarga berada di ladang, sehingga tidak bisa menyelamatkan harta benda, dan baru mengetahui peristiwa itu setalah rumah yang ditempatinya hangus terbakar.

Mobil pemadam kebakaran kesulutan masuk ke lokasi untuk memadamkan api yang sudah sangat besar dan sulit dipadamkan, karena akses jalan ke lokasi sangat sempit untuk dijangkau.

Meskipun warga setempat sudah bekerja keras memadamkan dengan peralatan seadanya, tetapi usaha tersebut sia-sia karena api sudah membesar dan sulit untuk dipadamkan karena kondisi asap yang tampak begitu tebal.

HIngga kini seluruh korban kebakaran yang kurang lebih 150 jiwa pun terpaksa harus mengungsi dan para korban pun belum mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi mengatakan kepada awak media, Senin (11/12/17) bahwa kebakaran tersebut belum bisa dipastikan penyebabnya karena masih menunggu hasil uji dari laboratorium forensik Polda Kalbar.

“Dugaannya akibat konsleting listrik yang mengakibatkan 26 pintu hangus terbakar. Kemudian tidak ada nya korban jiwa hanya berupa kerugian materi yang di taksirkan 800 juta,” ujarnya. (bayu/mul)