DAS Kapuas Murung Meluap, Dua Kecamatan Terendam Banjir

oleh

KUALA KAPUAS – Tingginya curah hujan dan meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas Murung menyebabkan dua kecamatan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengalami banjir. Dua kecamatan itu yakni Kecamatan Kapuas Murung dan Kecamatan Dadahup.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas. Di Kecamatan Kapuas Murung setidaknya ada kurang lebih tiga desa yang mengalami banjir yakni Desa Rawa Sari C3, Desa Talekung Punai dan Desa Bina Sejahtera A7.

Sejumlah rumah warga, jalan desa, bangunan sekolah dan bangunan balai desa di tiga desa tersebut tergenang air dengan ketinggian berpariasi, ada yang 5-10 centimeter bahkan ada yang sampai 50-60 centimeter ketinggian airnya.

Sedangkan banjir yang terjadi di Desa Bina Sejahtera A7 Kecamatan Kapuas Murung, hanya merendam lahan pertanian warga dan juga jalan desa dengan ketinggian air 30-50 centimeter dari permukaan tanah.

“Upaya yang dilakukan masyarakat adalah dengan membuat panggung atau lantai tambahan di rumahnya agar mereka tetap bisa tinggal di rumahnya masing-masing. Untuk korban jiwa tidak ada, begitu juga dengan yang sakit atau hilang,” kata Kepala BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, di Kuala Kapuas, Jumat (08/12/17).

Sementara banjir yang terjadi di Kecamatan Dadahup. Berdasarkan catatan dari Camat Bataguh, Randu Ramba, bahwa terdapat sebanyak 12 desa di kecamatan yang dipimpinnya itu mengalami banjir.

Belasan desa itu yakni Desa Dadahup dengan ketinggian air sudah 40 – 60 cm dan rumah yang tergenang berjumlah 332 rumah. Desa Tambak Bajai ketinggian air sudah mencapai 60- 100 cm dan rumah yang tergenang air sebanyak 98 rumah

Kemudian Desa Kahuripan Permai ketinggian air 30- 40 cm, Desa Tanjung Harapan ketinggian air 30- 40 cm, Desa Harapan Baru ketinggian air sudah mencapai 40- 50 cm, Desa Petak Batuah ketinggian air mencapai 40- 50 cm, Desa Sumber Agung ketinggian air sudah mencapai 30- 50 cm.

Lalu di Desa Manuntung ketinggian air sudah mencapai 40- 50 cm, Desa Bentuk Jaya, ketinggian air sudah mencapai 40- 50 cm, Desa Bina Jaya ketinggian air mencapai 40- 50 cm, Desa Sumber Makmur ketinggian air 30- 40 cm dan Desa Sri Mulya ketinggian air 30-40 cm.

“Ada tiga desa lainnya yang masih belum terindikasi terendam yaitu Desa Sumber Alaska, Desa Dadahup Raya dan Desa Menteng Karya,” terang Randu Ramba di Kuala Kapuas, Jumat (08/12/17). (irs)