Dalam Sehari, Bupati Kapuas Kukuhkan Dua Pengurus Karang Taruna dan KIM Kecamatan

oleh

KUALA KAPUAS – Pengukuhan pengurus Karang Taruna dan pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkat kecamatan terus berlanjut. Pada, Jumat (08/12/17), giliran pengurus Kecamatan Kapuas Kuala dan Kecamatan Selat yang dikukukuh oleh Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat.

Pengukuhan pengurus Karang Taruna dan pengurus KIM dilaksanakan di kecamatan masing-masing.  Dalam, sambutannya Ben Brahim meminta, sebagai keluarga besar Karang Taruna Kabupaten Kapuas secara khusus Karang Taruna kecamatan, harus merapatkan barisan untuk bersatu padu mensejahterakan masyarakat.

Ke depan, kata dia, akan diterbitkan Peraturan Bupati Kapuas untuk membantu dan mendukung kegiatan Karang Taruna, baik dalam hal dana bagi setiap desa supaya lebih diperjelas. Karena menurut Ben, walau pun selama ini Karang Taruna dibantu, tetapi kepala desa tidak punya pegangan. Karena itu, akan dibuat Perbupnya.

“Keterlibatan pemuda dan masyarakat setempat dalam membangun desa sangat diperlukan, begitu pula dengan pengawasannya. Kalau bilang tidak baik, bilang saja tidak baik kepada kepala desanya, tetapi bantuan untuk Karang Taruna tetap jalan karena ada peraturan Bupatinya,” ujar Ben.

Kemudian, ia meminta pula kepada Karang Taruna untuk berpikir secara inovatif, kreatif dan berani. Untuk itu, Ben menantang Karang Taruna mempunyai usaha baik dibidang perikanan, peternakan, perbengkelan dan lain sebagainya, setelah itu dapat diajukan kepada Bupati sebagai pembina Karang Taruna untuk dibantu melalui pemerintah.

Begitu pula untuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Ben mengajak untuk bekerja sama memberikan informasi yang sifatnya mendorong pembangunan dan mendorong pelaksanaan pemerintahan.

“Saya minta untuk tetap menjaga kekompakan, kebersamaan dan buatlah pelatihan-pelatihan bagaimana memberikan informasi. Untuk Karang Taruna dan KIM saya minta untuk kompak membangun Kapuas yang kita cintai,” pungkasnya. (irs)