Tetap Semangat Bina Olahraga Ditengah Keterbatasan Dana

oleh

PALANGKA RAYA – Pelaksanaan Rapat Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Kalimantan Tengah, dihadiri sekitar 250 peserta di Aula KONI, Rabu (06/12/7), menjadi momentum lebih baik lagi dalam mencapai pembinaan prestasi olahraga secara optimal, serta peningkatan kinerja penyelenggaraan manajemen keolahragaan KONI yang kredibel dan akuntabel.

Walaupun pelaksanaan kerja KONI Kalteng tahun ini, masih mengalami hambatan, karena dana yang dialokasikan oleh Pemerintah Daerah belum maksimal, tetapi program kegiatan tetap berjalan kendati tidak optimal, sehingga upaya pembinaan prestasi maupun pembinaan organisasi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Cabang olahraga dan KONI kabupaten/kota agar lebih konsentrasi untuk membina atlet dan memberikan perhatian serius. Memang masalah dana menjadi masalah yang sama dan persoalan klasik, tak hanya di KONI Kalteng tapi juga kabupaten/kota. Tapi hendaknya tidak mengurangi semangat memperjuangkan atlet,” kata Ketua KONI Kalteng, Aries M Narang, di Palangka Raya.

Untuk itu, dibutuhkan upaya khusus melalui Pemda, agar perusahaan-perusahaan di daerah ikut membantu pembinaan olahraga dengan memberikan bantuan sponsor maupun sama CSR, sehingga dapat membantu meringankan tugasĀ  dan tanggung jawab KONI Kalteng dalam upaya pembinaan prestasi di daerah.

Aries juga menekankan, agar cabor jangan hanya bisa menuntut masalah dana saja, jika tidak dibarengi dengan pembuktian prestasi.

“Jika sudah membuktikan dengan prestasi, secara sertamerta KONI Kalteng akan mengakomodir,” tuturnya.

Menurutnya, pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018, di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara mendatang, dapat menjadi ajang pembuktian bahwa cabor telah membina atletnya dengan baik dan dapat meraih peringkat yang lebih tinggi lagi. (tva)