Dana Desa Untuk Perbaikan Jalan dan Jembatan di Desa Menarap Baru

oleh

MARTAPURA – Jalan merupakan akses utama untuk membuka isolasi desa. Hal ini yang menjadi atensi Desa Menarap Baru, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Buktinya, ruas Jalan Handil Satu yang menjadi akses penghubung antar desa ini terus dibuka dan digenjot perbaikannya.

Kepala Desa Menarap Baru, Thmarin mengatakan, perbaikan ruas Jalan Handil Satu merupakan tanggungjawab pemerintah daerah, sehingga secara bertahap dengan diperbaiki akan nantinya menjadi poros penghubung antar desa sekitarnya.

“Perbaikan memang dilakukan secara terus menerus setiap tahun. Dengan begitu, diharapkan kondisi ruas jalan yang rusak itu bisa diperbaiki dan cepat rampung, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan sebagai akses sosial dan ekonomi,” ujar Thamrin Selasa (05/12/17).

Ia mengungkapkan, ruas jalan yang diperbaiki di Handil Satu sepanjang 3 kilometer telah dianggarkan sebesar Rp60 juta.

“Jika akses jalan ini sudah beres, tentu biaya transportasi yang dikeluarkan warga akan semakin murah. Sebab, jarak tempuh juga semakin singkat,” tutur Thamrin.

Dengan kewenangan pemanfaatan dana alokasi desa yang bersumber dari APBN, Thamrin mengakui suntikan anggaran itu sungguh sangat membantu bagi percepatan pembangunan desa.

“Selain peningkatan ruas Jalan Handil Satu, kami juga memprioritaskan perbaikan ruas Nalan Handai Barabai dan Jembatan Gang SMD,” kata Thamrin.

Dia mengatakan Jembatan Gang SMD saat ini masih berkonstruksi kayu ulin yang kondisinya sebagian besar telah lapuk.

“Nantinya, jembatan selebar 4 meter dan panjang 2 meter ini akan dibangun dengan konstruksi beton dan rangka baja. Tentunya, dengan desain baru ini bangunan fisik jembatan akan bertahan lama dan nyaman dilewati pengguna jalan,” imbuh Thamrin. (muji)