DAD Kalteng Benahi Batamad Kalteng

oleh

PALANGKA RAYA – Untuk sementara waktu kepengurusan Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Kalimantan Tengah, diambil alih Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah, sampai kepengurusan periode yang baruĀ  terpilih.

“Batamad Kalteng telah berakhir masa jabatannya, sehingga untuk mempersiapkan lembaga Batamad kita susun organisasinya. Oleh karena itu sementara Batamad Kalteng diambil alih oleh DAD Kalteng,” kata salah seorang PengurusĀ  Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah, Andrie Elia Embang, Senin (04/12/17).

Dosen Universitas Palangka Raya ini mengatakan, serah terima sementara kepengurusan dilakukan saat rapat koordinasi antara DAD Kalteng dengan seluruh DAD se-kabupaten/kota beberapa hari lalu, di Rumah Betang Eka Tingang Nganderang, Jalan Mayjend DI Panjaitan Palangka Raya.

Pembenahan kelembagaan Batamad dan evaluasi kinerja selama kepengurusan sebelumnya juga akan dilakukan sehingga, Batamad dapat kembali sesuai fungsinya.

Sementara itu Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran menjelaskan, nantinya keberadaan Batamad tak hanya ada di tingkat provinsi saja, tetapi akan terbentuk di seluruh kabupaten/kota. Tak hanya itu saja, Batamad kedepan, diinginkan seperti pecalang di Bali, dilengkapi pakaian adat, dengan sebanyak 17 ribu orang Batamad, yang akan direkrut.

“Saya tak ingin lagi Batamad seperti omongan yang kita dengar selama ini di masyarakat, makanya nanti akan kita benahi,” ujarnya. (tva)