PWI Kalteng Kemah Jurnalistik di Pantai Pangandaran

oleh
Pelatihan wartawan kalteng

SAMPIT – Puluhan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah,  dari empat kabupaten telah melaksanakan kemah jurnalistik di Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten  Kota Waringin Timur, Sabtu (2/12/17).

Kegiatan kemah jurnalistik ini diikuti ratusan wartawan se-Kalimantan Tengah. Berbagai kegiatan dilaksanakan, seperti penanaman pohon, lomba fhotografer dan pelatihan jurnalis.

Sasongko, perwakilan PWI pusat menyambut baik dengan dilaksanakan kegiatan kemah jurnalistik, karena hal ini semakin menambah wawasan wartawan, serta perkenalan dalam dunia wisata yang ada di daerah.

Dijelaskannya,  dunia jurnalistik saat ini ditantang lebih profesional, dimana semua wartawan harus memiliki kompetensi. Dan syarat ini merupakan standar seorang jurnalis sesuai apa yang diharapkan pada saat ini.

Menurutnya, seorang wartawan dalam menulis pemberitaan harus obyektif, sehingga berita yang disajikan dapat dicerna oleh pembaca.

Selain masalah jurnalitik,  para wartawan juga mendapat bimbingan dari photografer handal, yaitu Yuyung Abdi, dimana dalam arahannya tentang cara pengambilan fhoto secara profesional dan memiliki nilai berita.

Menurutnya, seorang juranalis fhoto harus pandai mencari momen cara pengambilan gambar, kepada obyek yang dimaksudkan. Sehingga fhoto yang dihasilkan lebih baik.

Untuk pengambilan fhoto, lanjut dia, tidak harus pejabat, akan tetapi juga masalah sosial di tengah masyarakat. Dimana permasalahan sosial lebih menarik, demikian juga lainnya. Oleh sebab itu,  seorang jurnalis harus pandai memanfaatkan momen.

Sementara itu Ketua PWI Kalteng, H. Sutransyah mengatakan, kegiatan ini sangat berharga bagi rekan wartawan, sebab selain bersilaturahmi, juga meningkatkan profesional wartawan.

“Selain meningkatkan profesional, juga tak kalah menarik adalah pengenalan wisata, di daerah. Salah satunya adalah di kabupaten kota waringin timur,” pungkasnya. (bani)