Masyarakat Kapuas Hulu Harus Miliki e-KTP dan Akte Kelahiran

oleh

KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir SH, membuka acara sosialisasi kebijakan kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diselenggarakan oleh Dinas Catatan Sipil di Kantor Bupati Kapuas Hulu, kamis (30/11/17).

Acara tersebut diikuti sebanyak 150 orang, yang terdiri dari berbagai instasi dan diwakili seluruh Camat, kasi, staf, para pastor, pendeta, KUA, dan kepala Puskesmas di lingkungan kecamatan di Kapuas Hulu.

Hadir juga beberapa SKPD dari Dukcapil, Usmandi, SE,MM, PMD, Alpiansyah SE,Msi, kepala Dinas Kesehatan Horison Ajroi, M.kes,dan kepala Kementrian Agama, H. Muhammad Kusyairi, S,ag.

Dalam penyampaiannya, Kepala Dukcapil Kapuas Hulu, Usmandi, SE, MM mengatakan, terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini dengan tujuan untuk mempercepat capaian perekaman e-KTP dan akte Kelahiran guna mengakuratkan dan memvalidasi data e-KTP sesuai jenjang hingga ke tingkat kecamatan atau desa.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH, saat memberikan sambutannya mengatan, KTP merupakan alat indentitas yang sangat vital diperlukan.

“Dari kita lahir diperlukan KTP, untuk mengurus akte. Sudah dewasa mau kawin diperlukan KTP. Mau kaya juga perlu KTP dan mau susahpun perlu KTP untuk berobat,” tuturnya.

Sehingga, urusan KTP bukan saja urusan pemerintah saja, tetapi urusan masyarakat sendiri, makanya masyarakat harus aktif melakukan perekaman.

Dan hal ini, lanjut Bupati, harus sejalan baik dari pemerintah pusat, propinsi, kabupaten, dan kecamatan,sampai ke desa, dan itu menjadi tanggung jawab bersama.

Diharapkan seluruh instansi yang terkait bisa berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan ini, sehingga cakupan yang ingin dicapai baik KTP, maupun Akte Kelahiran bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan. (Mul)