925 Hektare Sawah di Barito Utara Terendam Banjir

oleh
Air yang merendam sawah warga

MUARA TEWEH – Selain merendam ribuan rumah warga, banjir juga merendam areal pertanian di dua Kecamatan, seperti Gunung Timang dan Montallat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi, Kamis (30/11/17) mengatakan akibat bencana banjir tersebut, maka 925 hektar lahan pertanian yang sudah tanam terendam air.

Seperti untuk Kecamatan Gunung Timang meliputi Desa Rerawa, Ketapang, Baliti, Walur dan Malungai. Kemudian untuk Kecamatan Montalllat Desa, Pepas, Ruji, Sikan dan Tumpung Laung.

Akibatnya maka dikhawatirkan padi yang sudah ditanam akan mati, karena baru saja ditanam oleh petani di dua Kecamatan. Oleh sebab, itu dinas pertanian hanya bisa memberikan arahan untuk melakukan antisipasi terutama di wilayah rawan banjir.

Setia Budi juga menambahkan, untuk dua wilayah tersebut memang lahan pertanian memakai jaringan irigasi, akan tetapi karena air begitu tinggi, maka air masuk lahan pertanian melalui jalan. Sehingga ini tidak bisa diantisipasi.

“Kita berharap dengan banjir ini, bisa cepat reda. Dimana lahan yang terendam akan cepat ditanami kembali,” pungkasnya. (Bani)