Dinkes Kapuas Bangun Smoking Area di Sejumlah Perkantoran

oleh

KUALA KAPUAS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah tahun ini membangun 9 unit tempat kawasan merokok atau smoking area di kantor instansi pemerintahan di daerah setempat.

Dibangunnya smoking area ini sebagai tindaklanjut terbitnya peraturan daerah (Perda) Kabupaten Kapuas tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi, mengungkapkan, 9 unit smoking area tersebut dibangun diantaranya di Kantor DPRD Kapuas, Kantor Bappeda, Kantor Badan Kepegawaian dan Kantor Pengadilan Agama.

“Kita menyediakan tempat khusus bagi yang ingin merokok. Jadi, kita harapkan nanti tidak ada lagi yang merokok di dalam ruangan, kalau mau merokok silahkan di tempat yang sudah sediakan itu,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (28/11/17).

Menurut Aped, desain bangunan smoking area sebenarnya tidak dilengkapi atap, namun hal tersebut dinilai kurang bagus sehingga pihaknya menyesuaikan dengan keinginan masyarakat yakni bangunan smoking area dilengkapi dengan atap.

“Kita merubah pola sesuai keinginan masyarakat dulu. Jadi, kita membiasakan mereka untuk kemudian lambat laun baru kita terapkan lebih disiplin. Bahkan kita nanti juga akan tertibkan sampai pada tempat-tempat penjualan rokok. Karena penjualan rokok itu tidak boleh dalam keadaan terbuka, tetapi tertutup,” terang Apendi. (irs)