Tim Labfor Bawa Sampel Abu dan Kabel Listrik dari Lokasi Kebakaran Eks Kantor Polres Kapuas

oleh

KUALA KAPUAS – Tim laboratorium fotensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya, Senin (27/11/17), melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kebakaran eks Kantor Polres Kapuas lama di Jalan KS Tubun Kuala Kapuas.

Tim Labfor Surabaya yang dipimpin AKBP Hariyono datang ke lokasi kebakaran sekitar pukul 10.30 WIB didampingi Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar, Wakapolres Kompol Widiardi dan Kasat Reskrim Polres Kapuas AKP Iqbal Sangaji.

Dalam melakukan olah TKP, Tim Labfor saat itu juga didampingi Tim Inafis Polda Kalteng dan beberapa orang anggota unit Reskrim Polres Kapuas. Usai olah TKP, AKBP Haryono mengatakan, pihaknya pertama melakukan pemeriksaan tingkat kerusakan. Kemudian memeriiksa titik api dan sumber panas.

“Kami mencari sumber panas dan yang ada hanya sumber panas dari kabel listrik, sedangkan sumber panas dari kompor dan lain-lain tidak ada sehingga akhirnya kami mengambil kebel listrik dan abu bekas kebakaran untuk diperiksa,” katanya.

Menurut Haryono pihaknya mengambil abu bekas kebakaran, tujuannya untuk memeriksa kandungan apa yang ada dalam abu tersebut, apakah ada akseleran yang mempercepat terjadinya kebakaran.

“Apakah percepatan berasal dari bahan bakar, apakah itu negatif atau positif. Kalau itu ternyata negatif baru kami memeriksa kabel listrik, apakah kabel itu akibat terjalari kebakaran atau penyebab terjadinya kebakaran,” jelasnya.

Namun Haryono saat itu belum dapat menyimpulkan penyebab dari kebakaran tersebut. Ia pun meminta waktu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap sampel kabel listrik dan abu bekas kebakaran yang telah diambilnya.

“Karena kami harus menggunakan alat laboratorium untuk memeriksanya,” pungkasnya. (irs)