Kisah Berdirinya Kesultanan Banjar

oleh
Kesultanan Banjar. Foto : Istimewah

BANJARMASIN – Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui sejarah lahirnya Kesultanan Banjar yang dipercaya pada 24 September 1426 masehi seperti tergores tinta hitam sesuai dengan sumber rujukan sahihnya. Ada sosok penting dibalik berdirinya kerajaan bercorak Islam di Tanah Banjar, Kalimantan Selatan ini.

Sebuah perlawanan terhadap hemegoni Kerajaan Negara Daha yang menerapkan sistem Hindu-Buddha ini sempat menguasai Kalimantan Selatan dan sebagian Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Tak hanya berlaku di medan laga, pertempuran antara paman dan keponakan, Pangeran Tumenggung yang memimpin pasukan Negara Daha berhadapan dengan pasukan Bandarmasih yang hingga akhirnya diproklamirkan menjadi Kesultanan Banjar di bawah komando Pangeran Samudera melalui jalur diplomatik.

Negara Daha juga menghimpun kongsi politik dan militer untuk memerangi Bandarmasih yang berpusat di Kuin.

Dalam perang saudara, nama lima patih seperti Patih Masih, Patih Kuin, Patih Muhur, Patih Belitung dan Patih Balit terkadang banyak disebut seperti tertulis dalam Hikayat Banjar versi sejarawan dari Universitas Leiden Belanda, JJ Ras atau referensi sejarah Banjar lainnya.