Enam Puskesmas di Barut Terakreditasi

oleh
Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah didampingi ketua DPRD Set Enus Y. Mebas dan Kepala Dinas Kesehatan H. Robansyah saat kegiatan di aula kantor, Senin (27/11/17). Foto : Bani

MUARA TEWEH – Dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, maka perlu ada perbaikan. Baik infrastruktur, keberadaan tenaga kesehatan, hingga sarana pendukung lainnya. Karenanya seluruh fasilitas tersebut harus mendukung dalam perbaikan.

Kepala Dinas Kesehatan Barut, H. Robansyah, Senin (24/11/17) mengatakan, di Kabupaten Barito Utara, terdapat enam belas Puskesmas, yang terdapat di sembilan Kecamatan.

Dari enam belas puskesmas itu, enam diantaranya diusulkan  menjadi pusat kesehatan masyarakat yang terakreditasi, dimana pelayanan di tempat itu sudah ada jaminan.

Menurut Robansyah, jaminan pelayanan yang dimaksud  itu salah satunya adalah kualitas pelayanan yang menjadi jaminan. Dimana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap puskesmas meningkat.

“Kita berharap dengan terakreditasi ini, dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pelayanan kesehatan,” kata Robansyah.

Dijelaskan Robansyah, saat tim penilai dari provinsi akan turun ke lapangan untuk melakukan penilaian terhadap  dua puskesmas. Mereka datang terdiri dari beberapa orang, dengan tujuan menilai apa yang sudah diterapkan oleh Puskesmas. Baik dari segi peralatan, tenaga medis hingga infrastruktur.

Dengan dipenuhinya standar kesehatan ini, maka bisa memenuhi kriteria akreditasi. Sehingga bisa dipastikan pelayanan akan lebih baik. Karena memang tujuan puskesmas untuk membantu masyarakat dalam kesehatan. (Bani)