Elpiji Tabung Melon Langka di Banjarmasin

oleh
Tabung gas elpiji mulai langka di Banjarmasin. Foto : Istimewah

BANJARMASIN – Sejumlah warga di Banjarmasin, Kalimantan mengeluhkan kosongnya jatah LPG 3 kg yang ada di pangkalan. Padahal tabung elpiji 3 kg ini dalam satu Minggu di suplay ke pangkalan bisa mencapai jumlah 150 tabung.

Demikian juga dengan harga jual yang diberlakukan pangkalan rata rata diatas harga HET Rp17.500. Harganyapun bervariasi antara Rp 22 Ribu hingga Rp 25 Ribu bahkan lebih.

“Dalam beberapa hari ini tabung elpiji 3 kilogram susah didapat. Meskipun ada yang jual, jumlahnya juga terbatas, ” ucap Mama Ambar, warga Banjarmasin.

Kesulitan mendapatkan tabung elpiji ini, lanjut Mama Ambar acapkali terjadi. Jika ada agen yang mengantar suplay ke pangkalan, tak berapa lama ada pemberitahuan tabung elpiji 3 kg sudah habis.

Hal senada juga disampaikan Anna, warga Banjarmasin, untuk keperluan memasak, tak jarang dirinya membeli tabung elpiji 3 kg dieceran walau harganya mencapai Rp 27 ribu.

Ditambahkan Anna, Dalam mengantisipasi melonjaknya harga tabung elpiji 3 kg ini, Pertamina seharusnya lebih sering menggelar operasi pasar di setiap kelurahan.
.
“0perasi pasar yang digelar Pertamina sangat membantu kelangkaan tabung elpiji 3 kg yang harganya mulai naik melambung tinggi. Namun hendaknya kegiatan itu dilakukan rutin dalam setengah bulan,” imbu Anna. (Muji)