Dispora Kabupaten/Kota Satukan Persepsi Majukan Olahraga di Kalteng

oleh

PALANGKA RAYA – Untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan pembinaan, pengembangan dan pembangunan kepemudaan dan keolahragaan antara Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Kalteng dengan kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah, maka digelar rapat koordinasi bidang pemuda dan olahraga, selama 3 hari dari 27-29 November, di Hotel Royal Global Palangka Raya.

“Hal ini tentu semata-mata untuk kebaikan kita bersama dengan menyelaraskan persepsi pembangunan kepemudaan dan keolahragaan. Saya berharap apa yang akan kita sepakati nanti pada rakor ini dapat menjadi bahan usulan dan pertimbangan bagi para pimpinan¬† di daerah masing-masing,”kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Tengah, Suyanto, Senin malam (27/11/17) saat membuka kegiatan.

Selain itu juga, akan terjadi kesepakatan sama di dalam satu visi yang sama, semata-mata berlandaskan pada semangat pembangunan demi kemajuan olahraga di Kalimantan Tengah,

Dijelaskannya, bidang kepemudaan seluruh kabupaten/kota, bertanggung jawab melaksanakan penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan potensi pemuda berdasarkan kewenangan dan tanggungjawab sesuai dengan karakteristik dan potensi daerah.

Sementara pada bidang keolahragaan,  bertanggungjawab mewujudkan tujuan penyelenggaraan keolahragaan nasional yang meliputi, pemerataan pembinaan dan pengembangan kegiatan keolahragaan,  peningkatan mutu pelayanan minimal keolahragaan serta peningkatan efektivitas dan efisiensi manajemen keolahragaan.

Dimana pembangunan kepemudaan, penyelenggaraan, pembinaan serta pengembangan olahraga memiliki tujuan yang sama, baik di pusat maupun di daerah, yang sesuai dengan Pasal 3 dan 13 UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan, dan Pasal 14, 20, dan 21 UU Nomor 16 Tahun 2007 tentang penyelenggaraan keolahragaan.

“Oleh karenanya, saya mengajak bapak-ibu sekalian untuk mari bersama-sama turut rembug membahas, menelaah dan mencermati kekurangan serta memberi masukan, untuk memperkuat sektor-sektor yang penting bagi pembangunan kepemudaan dan keolahragaan di Kalimantan Tengah,” imbuhnya. (tva)