Banjir Rendam Tiga Desa di Benangin

oleh

MUARA TEWEH – Setelah beberapa Desa, di Kecamatan Gunung Purei, direndam banjir. Kini Kecamatan Teweh Timur mengalami hal Serupa. Dimana banjir diperkirakan sejak Sabtu kemarin.

Camat Teweh Timur,  Sudiono saat dihubungi, Senin (27/11/17) malam,  mengatakan,  hujan yang lebat terjadi beberapa hari lalu, mengakibatkan ratusan rumah warga tenggelam.

Sudiono menuturkan,  perkampungan yang direndam banjir diantaranya,  Desa Benangin I, II dan V Kecamatan Teweh Timur.

Menurutnya, tenggelamnya tiga desa tersebut tak kurang dari 250 pemukiman warga terendam banjir hingga kini. Bahkan air pada saat sekarang belum nampak mengalami penurunan. Selain itu untuk jalan Desa juga kedalaman air mencapai dua meter.

“Air terdeteksi sejak hari Sabtu kemarin. Dan hingga malam ini,  nampaknya terus naik,” ujarnya.

Selain hujan lebat yang mengakibatkan air begitu cepat naik, juga aliran sungai begitu deras, akibat hujan di hulu sungai,  yakni wilayah Kecamatan Gunung Purei.

Hingga saat ini lanjut dia,  ketinggian air nampaknya terus naik. Apalagi telah terjadi hujan sore hingga malam ini. Oleh karena itu,  pihaknya terus mengimbau kepada seluruh warga agar selalu waspada. Sebab banjir susulan kemungkinan terjadi bila hujan turun secara terus menerus.

Sudiono menambahkan, banjir memang setiap tahun melanda beberapa desa di Kecamatan Teweh Timur, apalagi saat musim penghujan. Akan tetapi banjir tidak bertahan lama,  paling lama sekitar satu minggu.

“Saat ini kita mengimbau kepada warga agar mencari tempat yang lebih aman. Sebab hujan secara terus menerus bisa membawa dampak banjir lebih luas,” katanya.

Dijelaskannya pula, beberapa Desa di Kecamatan Teweh Timur memang rentang terhadap banjir, ini disebabkan sebagian besar berada dipinggiran sungai yang bermuara di Kota Muara Teweh. Karenanya pihak kecamatan terus memberikan imbauan agar, pada musim penghujan selalu waspada. (bani)