Warga Banjarmasin “Kaget” ada Tugu Ikan Kelabau

oleh

BANJARMASIN – Bagi orang yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Kota Banjarmasin, dan melintas di kawasan Tugu Ikan di Perempatan Jalan Pangeran Samudra – Haryono MT Banjarmasin , berasumsi sekitar kawasan tersebut merupakan kawasan kuliner, dikarenakan adanya patung ikan yang identik dengan lauk pauk atau menu makanan.

Bahkan tak hanya pendatang baru yang “kaget” melihat patung ikan yang belakangan diketahui bernama ikan Kelabau itu.

Abdul salah seorang warga Banua yang  juga “kaget” dengan patung ikan tersebut mengatakan, di kawasan itu mungkin akan dijadikan tempat kuliner?

“Boleh jadi kedepannya, kawasan itu akan dijadikan kawasan kuliner khas dengan lauk pauk ikan,” ucapnya.

Maklum kata dia lagi, patung ikannya hampir mirip dengan ikan mas atau sejenisnya. Belakangan baru tahu itu adalah ikan Kelabau, salah satu ikan yang hidup di perairan Banjarmasin dan dijadikan ikon kota Banjarmasin oleh Pemko Banjarmasin.

Menurut dia lagi, kalau ikan Kelabau itu merupakan ikan lokal yang tergolong langka, harus ada upaya pelestariannya seperti pembudidayaan yang kuntinyu terhadap satwa satu ini.

“Pembudidayaan sepertinya lebih mengena dalam melestarikan Kelabau,” lanjut Abdul.

Dicontohkannya, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan patung itiknya. Secara konkret masyarakatnya beternak itik yang disebut dengan Itik Alabio.

“Jenis itik Alabio hampir diketahui oleh lapisan masyarakat Kalimantan Selatan, termasuk ciri cirinya,” tuturnya.

Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan Dan Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar mengatakan, ‘Ikan kelabau’ dipilih karena merupakan ikon Banjarmasin.

Selain itu, jenis ikan yang kini jarang ditemui itu sudah tertera dalam perda yang mengatur bahwa ikan merupakan ikon khas Banjarmasin.

Adapun anggaran pembuatan patung yang tingginya sekitar empat meter itu, Mukhyar menjelaskan, sekitar Rp200 Juta dari APBD Kota Banjarmasin.

Lantas dari mana sebenarnya ikan Kelabau? Ikan Kelabau atau ikan Hara ini dalam bahasa latin Osteochilus Melanopleurus adalah jenis ikan tawar dari keluarga Cyprinidae, seperti ikan mas dan kerabatnya.  Ikan ini menyebar dari Asia, Sumatera hingga Kalimantan termasuk ikan Kelabau. (muji)