Intensitas Hujan Tinggi Barut Waspada Banjir

oleh

MUARA TEWEH – Musim penghujan nampaknya terus menyelimuti wilayah Kabupaten Barito Utara, dan sekitarnya. Seperti yang terjadi di Kecamatan Gunung Timang,  yaitu Desa Kandui arah Majangkan. Dimana sejak pagi hingga sore tadi, beberapa ruas jalan terendam banjir.

Dayat Batara, anggota Radio Antar Penduduk Indonesia( RAPI) , Barito Utara,  saat dihubungi,Sabtu (25/11/17) mengatakan, ruas jalan yang terndam ada beberapa titik. Dimana jalan tersebut agak rendah. Sehingga warga yang lewat harus menggunakan jasa warga. Dengan menaiki rakit kayu.

Selain rakit kayu, warga juga menggunakan gerobak untuk menyeberangkan kendaraan roda dua. Sementara kedalaman air hingga sore tadi terus naik.

Menurutnya, naiknya air akibat turun hujan pada jum’at malam di wilayah huku sungai. Akibatnya pada pagi dan sore, air turun melalui sungai yang satu satunya bermuara ke sungai barito. Akibatnya Beberap desa direndam banjir.

Dijelaskannya, jalan yang terendam banjir merupakan akses satu satunya warga untuk bepergian, baik menuju ibu kota kecamatan sera ke ibu kota kabupaten. Sehingga jasa warga sangat diperlukan untuk menyeberangkan kendaraan roda dua.

“Melalui radio antar penduduk setiap saat kita informasikan pada pemerintah daerah. Begitu juga dengan warga sekitarnya,” kata Dayat Batara.

Menururnya, melalui radio semua kecamatan bisa termonitor, baik mengenai banjir juga informasi lainnya. Terkait dengan musim penghujan melalui radio juga terus menghimbau kepada seluruh warga, agar selalu waspada. Karena banjir bisa saja datang pada saat hujan lebat hinggga beberapa jam lamanya.

“Kita sudah pengalaman dibeberapa. Kecamatan Sebelumnya juga terjadi banjir. Oleh karena itu himbauan dan informasi terus disampaikan kepada warga masyarakat,” pungkasnya. (Bani)