Pesona Rumah Lanting Pinggiran Sungai Negara

oleh

BANJARMASIN – Rumah lanting yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di pinggiran sungai, memang menjadi daya tarik tersendiri. Sebagaimana rumah lanting yang ada di Sungai Negara, tepatnya di sekitar Jembatan Andi Tajang dan Rahimin, Desa Sungai Manggala, Kecamatan Daha, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Rumah lanting di pinggiran sungai negara ini masih bisa dilihat kekhasan dan keunikannya. Apalagi disekitar rumah tersebut, terdapat bangunan Masjid Jami Ibrahim, sehingga semakin menambah kekhasan kehidupan budaya masyatakat ditepian sungai negara.

Kekhasan rumah lanting inipun semakin semarak, setelah Bupati Hulu Sungai Selatan, H. Achmad Fikry membantu sejumlah cat beserta peralatan mengecat atap rumah lanting untuk memperindah wajah deretan rumah lanting.

Bersama aparat Kecamatan Daha Utara, aparat desa, relawan BPK dan PMK emergency dan lainnya, bergotong-royong mengecat rumah-rumah lanting agar terlihat menarik.

Kegiatan sosial itupun pun mendapat tanggapan positif warga, karena mampu mengurangi kekumuhan kawasan Sungai Negara dengan warna-warni atap rumah lanting tersebut.

“Setidaknya dengan pengecatan itu, memberikan suasana berbeda di pinggiran sungai negara. Terlebih ada upaya pelestarian rumah lanting,” kata Udin warga setempat. (muji)