Jalan Utama Penghubung Lima Kabupaten di Kalimantan Selatan Amblas

oleh
Jalan Utama sebagai pengubung bagi lima Kabupaten yang amblas

BANJAR – Ruas jalan di Desa Piani Kabupaten Tapin, yang menghubungkan lima kabupaten di Kalimantan Selatan yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Tapin sendiri amblas hingga memakan sebagian badan jalan.

Berdasarkan informasi di lapangan, sebagian ruas jalan provinsi yang longsor tersebut hampir sepanjang 10 meter, sehingga sangat membahayakan bagi pengendara roda dua dan empat saat melintas di kawasan itu. Apalagi saat ini curah hujan cukup tinggi dan dikhawatirkan tingkat kelongsoran semakin meluas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan, Achmad Sofiani mengakui ruas jalan dari arah Kabupaten Tapin ke Hulu Sungai Tengah (HST), serta ke Tanah Bumbu memang longsor.

“Akses itu masuk status jalan nasional, sehingga langsung ditangani Balai Jalan Nasional Wilayah XI Banjarmasin,” ucap Sofiani dikonfirmasi, Sabtu (25/11/17).

Berdasarkani informasi yang didapat dinasnya, lanjutnya dia. Perbaikan jalan sudah dilakukan pihak Balai Jalan Nasional Wilayah XI Banjarmasin, termasuk jalan yang mengalami longsor yang sama seperti di Desa Paramasan, Kabupaten Banjar. (Muji)