Tugu Adipura Kabupaten Kapuas Segera Dibangun

oleh
Piala Adipura yang berhasil diraih Pemerintah Kabupaten Kapuas. Foto : Istimewah

KUALA KAPUAS – Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah telah berhasil meraih Piala Adipura yang merupakan penghargaan tertinggi dibidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Guna membangkitkan semangat dalam upaya mempertahankan keberhasilan meraih penghargaan kebersihan ditingkat nasional itu, Pemerintah Kabupaten Kapuas pun segera merealisasikan pembangunan tugu Adipura di daerah tersebut.

“Pembangunan tugu Adipura juga merupakan sebuah motivasi, dimana masyarakat dan pemerintah telah berjuang keras untuk meraih piala adipura yang memang sudah lama dinanti-nantikan,” kata Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kapuas, Ahmad Isnaeni, di Kuala Kapuas, Jumat (24/11/17).

Pembangunan tugu Adipura dipusatkan di tengah persimpangan Jalan Tambun Bungai, Jalan Pemuda, Jalan Tjilik Riwut dan Jalan Rutan Kuala Kapuas atau yang biasa disebut simpang camuh. Saat ini proses pembangunan tugu Adipura tersebut sudah mulai dilaksanakan.

Dengan telah diraihnya Adipura, setiap element masyarakat, komunitas peduli sampah dan instansi terkait diharapkan agar senantiasa dapat menjaga dan meningkatkan kembali keberhasilan yang telah diraih.

Adapun upaya-upaya yang terus ditingkatkan Pemkab Kapuas dalam rangka mempertahankan Piala Adipura, antara lain dalam bentuk CSR dari Perusahaan Besar Swasta berupa pembangunan taman, penanaman kembali pohon peneduh serta penataan dan pengelolaan kebersihan.

Sedangkan Tim Satgas Adipura Kapuas, terang Isnaeni, dalam waktu dekat akan mengadakan rapat di Dinas lingkungan Hidup Kapuas guna membahas tentang persiapan penilaian Adipura yang segera dilaksanakan pada 30 Nopember 2017.

Untuk itu, ia pun mengimbau masyarakat Kapuas agar selalu menjaga keindahan, serta kebersihan lingkungan perumahannya dan menggalakan kembali sistem pilah sampah dengan ikut serta menjadi anggota bank sampah. (Irvan)