Razia PETI di Sanggau, Polsek Meliau Amankan Empat Mesin Dongfeng

oleh
Tim Patroli Menemukan Mesin Dongfeng dan Peralatan PETI di Dusun Pelanjau. Foto : Istimewah

SANGGAU – Meski menempuh jarak yang cukup jauh dari Polsek Meliau menuju ke lokasi penertiban kurang lebih 40 KM melalui jalur penyeberangan Sungai Kapuas dengan menggunakan perahu, tidak menyurutkan niat petugas gabungan dari Polsek Meliau dan Kecamatan Meliau menggelar patroli pencegahan dan penindakan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kecamatan Meliau, khususnya di Desa Baru Lombak, Kamis (23/11/17) kemarin.

Tidak berhenti sampai disitu, tim kemudian melalui jalur darat menggunakan kendaraan sepeda motor dengan rute Desa Meliau Hilir-Desa Meliau Hulu-Desa Meranggau-Desa Enggadai-Desa Baru Lombak dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan sepeda motor dengan kondisi jalan rusak sedang.

Tim yang berjumlah 16 orang dengan dipimpin Kapolsek Meliau, IPTU. MR. Pardosi itu berangkat dari Mapolsek Meliau sekitar pukul 07.30 WIB sebelum meluncur ke wilayah Desa Baru Lombak.

“Sekitar pukul 10.30 Wib, kami melaksanakan penggalangan terhadap para tokoh di Desa Baru Lombak. Pukul 10.45 Wib, kemudian koordinasi dengan Kepala Desa Baru Lombak dilanjutkan dengan rapat antara tim penertiban PETI dengan Kades Baru Lombak beserta staf dan sekitar pukul 11.00 Wib kami melakukan pengecekan lokasi PETI sekaligus pendataan dan dokumentasi terhadap barang bukti PETI di Dusun Pelanjau Desa Baru Lombak ” kata Kapolsek Meliau, IPTU. MR. Pardosi, Jumat (24/11/17).

Dari hasil operasi di Dusun Pelanjau, Desa Baru Lombak, tim patroli menemukan 4 mesin dongfeng. Dilokasi itu, tim juga menemukan mesin pengantar, mesin sedot, pom sedot, drum, pipa spiral, terpal dan peralatan pendukung aktifitas PETI lainnya.