Masyarakat Sanggau Diminta Aktif Jaga Lingkungan

oleh

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot meminta masyarakat untuk berperan aktif menjaga lingkungan. Sebab tanpa peran masyarakat akan sangat sulit mewujudkan Sanggau bersih. Demikian disampaikan Ontot ditemui wartawam usai turun langsung membersihkan halte di depan SD Negeri 01 Sanggau, belum lama ini.

Dikatakan Ontot, prilaku masyarakat Kota Sanggau untuk menjaga kebersihan sebenarnya sudah cukup bagus, hanya saja kemungkinan sampah yang berserakan di terminal, halte dan fasilitas umum lainnya disebabkan orang luar Sanggau yang terkadang se-enaknya membuang sampah sembarangan.

“Mungkin karena rasa memilikinya yang belum ada, sehingga se enaknya buang sampah,” katanya.

Ia juga berharap kepada masyarakat Sanggau yang melihat orang lain membuang sampah sembarangan, supaya ditegur sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan kebersihan kota yang menjadi tempat interaksi masyarakat.

Kepada Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, orang nomor dua di Sanggau itu berpesan untuk mengevaluasi program kerjanya untuk mewujudkan Sanggau bersih.

“Saya sering ingatkan Dinas Kebersihan, jangan melupakan kebersihan yang di sudut-sudut. Kalau berjalan jangan hanya jalan lurus, tapi matanya kiri kanan harus melihat sudut – sudut mana di Kota ini yang belum terjamah,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan agar Kepala Dinas Kebersihan terus melakukan evaluasi, untuk mengetahui ke kurangan – kekurangan yang perlu dibenahi.

“Maka di Dinas Kebersihan ini tidak ada hari untuk melihat, mengevaluasi dan membuat formulasi penanganan sampah dan prilaku orang,” terangnya.

Ontot juga berharap agar media dilibatkan dalam menyosialisasikan program Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup untuk mewujudkan Sanggau bersih yang partisipatif. (indra)