Kejurda Takraw se-Kalteng, Jaring Atlet Potensial

oleh

PALANGKA RAYA – Sebanyak 16 regu putra dan 8 regu putri dari 9 daerah, yakni Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Pulang Pisau, Seruyan dan Kota Palangka Raya, mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Sepak Takraw se-Kalimantan Tengah, di Lapangan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Palangka Raya, dari 23-25 November.

“Kejuaraan ini selain untuk memperebutkan piala bergilir KONI Kalteng, dalam rangka pembinaan dan persiapan menjaring atlet takraw untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan Kejurnas di Sulawesi Tengah,” kata Sekretaris Umum Persatuan Sepak Takraw  Indonesia (PSTI) Kalteng, Nasruddin, saat pembukaan kegiatan, Kamis (23/11/17).

Sementara itu Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng, Maslin memberi apresiasi melihat semangat Nasrudin, meski usia tak lagi muda dan dengan keterbatasan anggaran kejurda, tapi tetap berjuang agar kejurda bisa terlaksana.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami, karena bisa ada 9 daerah yang ikut serta dalam kejuaraan. Takraw memang olahraga popoler di Kalteng dengan prestasi yang membanggakan di ajang nasional. Terbukti saat kejuaraan PPLP masuk urutan tiga. Begitu juga waktu Popnas, masuk 8 besar,” ujarnya.

Menurutnya, hanya saja waktu itu, kelemahannya, memang kurang digelarnya even di daerah, sehingga mental bertanding atlet takraw Kalteng, belum sekuat atlet dari provinsi lain. Untuk itu, Dispora mendorong agar di kabupaten/kota  dapat mendirikan PPLPD.

Disisi lain, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah, Aries M Narang dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Bidang Prestasi KONI Kalteng, M Samuel Rasyad, mengungkapkan, perkembangan olahraga sepak takraw di Kalteng, cukup menggembirakan.

“Saya yakin bahwa Kalteng memiliki potensi atlet pada cabang sepak takraw. Untuk itu saya harap agar kejuaraan ini harus tetap terlaksana secara berkesinambungan sehingga regenerasi atlet tetap berjalan dengan baik,” imbuhnya. (tva)