Sutarmidji Sebut Pontianak Belum Ada Arsitek yang Punya Imajinasi

oleh
Wali Kota Pontianak Sutarmidji

PONTIANAK – Wali Kota Pontianak Sutarmidji menilai pembangunan tidak hanya sebatas membangun saja, namun lebih mengedepankan adanya penataan kota yang mumpuni atau penuh dengan jiwa kreasi (imajinatif).

“Penataan kota yang baik sudah tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi untuk Kota Pontianak. Nah tentunya jangan asal membangun, tentu dalam membangun harus ada bangunan yang bisa menjadi ikon unik, inilah yang akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi warganya,” ujar Sutarmidji, Rabu (22/11/17).

Namun sayang, lanjut Sutarmidji sejauh ini kota Pontianak belum memiliki arsitek yang mempunyai imajinasi unik yang mampu diimplementasikan dalam membangun di Kota Pontianak.

Oleh karenanya, dirinya mendambakan adanya arsitek yang memiliki imajinasi tinggi serta inovatif dalam memberikan sumbangsih menata kota Pontianak.

“Jika ada arsitek yang mampu mengimplementasikan khayalan menjadi kenyataan dalam bentuk gedung-gedung maka itu akan memperindah Kota Pontianak serta dapat menjadi ikon baru, tapi sayang itu belum ada,” ungkapnya.

Selama ini ia pun melihat, apa yang dibangun tidak ada istimewanya dari segi arsitektur. Padahal mereka diberi kebebasan dalam berimajinasi.

“Kita tidak ada arsitek yang kreatif kalau ada arsitek yang mampu mengimplementasikan seperti mimpi yang bisa diwujudkan itu yang dicari. Selama ini kebanyakan gambar yang dibuat mereka terutama di Kota Pontianak biasa-biasa saja tidak ada yang istimewa dalam bentuknya,” ucapnya.

Dirinya mencontohkan, banyak gedung besar seperti sekolah di Kota Pontianak namun tidak ada ornamen yang istimewa. Padahal terangnya, dalam mendesain arsitek bisa saja mengalokasikan sekitar 10 persen anggaran untuk ornamen sehingga memperindah bangunan tersebut.

“Lihat saja taman begitu-begitu saja, tidak ada yang memiliki mimpi yang kreatif. Harusnya arsitek bangga membuat sesuatu, ketika dipesan dan dibuat kemudian ada kebanggaan tersendiri sehingga sampai nanti karyanya diingat dan abadi,” tambahnya.

Dirinya pun memastikan, selama menjabat menjadi Wali Kota, seluruh pembangunan yang ada selalu dibawah kontrolnya.

Sutarmidji pun berharap pembangunan di Kota Pontianak kedepannya dapat diwujudkan oleh setiap arsitektur yang memiliki imajinasi yang unik dan mampu diimplementasikan pada ornamen dan bentuk bangunannya sehingga hal itu menjadi icon dan dapat memperindah suatu kawasan.

“Sampai saat ini ia masih mendambakan arsitek yang mempunyai imajinasi unik dan kreatif sehingga dalam penataan kota, kedepannya bangunannya tidak lagi kaku,” pungkasnya (Budi)