Peningkatan Jalan di Dusun Benuan Entikong, Pembebasan Lahan Selesai Desember 2017

oleh

SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi berharap pembebasan lahan di Dusun Benuan, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, sepanjang 5 kilometer selesai pada akhir Desember 2017 mendatang.

“BPN dengan Tim masih bekerja, saya mau rapat lagi mendengar laporan mereka,” kata Bupati ditemui wartawan usai memimpin rapat bersama instansi terkait di lantai I Kantor Bupati Sanggau, belum lama ini.

Sebagai bupati yang diberi tugas memperlancar intruksi presiden ini, PH, sapaan akrab Paolus Hadi berharap akhir Desember persoalan pembebasan lahan sudah selesai, khusus untuk 5 kilometer pertama.

“Tadi sudah dilaporkan Satker bahwa masih ada kendala terkait belum cocoknya masalah luasan pembebasan lahan, karena ada sebagian masyarakat yang ingin lahannya diambil semua rumahnya karena tidak sudah tidak bisa dipakai, tapi ini belum ada keputusan,” terangnya.

Terkait persoalan ini, PH juga akan segera menyampaikan hal ini ke Gubernur sebagai Ketua tim.

“Harapan saya mudah-mudahan ini semua berjalan lancar tidak ada masalah. Dan tahap pertama ini saya berharap tuntas semua karena masih ada lokasi lain yang juga akan dibebaskan,” tuturnya.

Terkait sejumlah aset daerah seperti kantor Camat, Kantor Desa, sekolah dan PDAM yang terkena dampak pelebaran jalan, Bupati menjelaskan Pemkab sudah menyiapkan lahan untuk memindahkan lokasi tersebut.

“Kami akan mengusulkan ke Kementerian yang bersangkutan, misalnya Kantor Desa, Sekolah, mudah-mudahanlah ini bisa jadi perhatian juga,” pungkasnya.

Namun, persoalannya, lanjut PH, DAU dari Pemerintah Pusat sudah berkurang.

“Harapan saya ada penambahan DAU lah dari Pemerintah Pusat,” pintanya.

Terpisah, Camat Entikong, Suparman menjelaskan saat ini tim masih melakukan negosiasi untuk pembebasan lahan dari Border sampai ke Dusun Peripin. Walaupun masih ada keberatan warga terkait masalah ukurannya karena ada yang sebagian rumah dibayar sementara sisanya tidak dibayar, tapi proses negosiasi tetap berlanjut.

Camat berterimakasih kepada warga yang telah membantu pemerintah untuk sehingga proses negosiasi ini bisa berjalan tertib meskipun ada sedikit kendala yang akan dirembukan lagi dengan tim yang telah ditunjuk. (indra)