Di Desa Ini Pelajar SMP Diajari Tentang Internet dan Pembuatan Blog

oleh
Pelatihan yang diikuti pelajar SMP

MUARA TEWEH – Kepala Desa Sikuy Kilometer 27, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Saperani melaksanakan kegiatan pelatihan internet dan pembuatan blog.

Pesertanya terdiri dari puluhan pelajar SMP dan Tsanawiyah dan warga setempat.

Menurut, Saperani, warga harus bijak dalam penggunaan internet, sebab bila salah menggunakan, maka akan berurusan dengan hukum. Oleh sebab itu, warga harus mengerti dan jeli dalam penggunaan.

“Maksud dan tujuan kita mengadakan pelatihan tidak lain untuk memberikan pelatihan dan arahan, agar bisak menggunakan media sosial, ” kata Saperani, Rabu (22/11/17).

Ketua Persatuan Wartawan Indoensia (PWI) Barut, Roby Cahyadi saat memberikan materi mengatakan, penggunaan media sosial memang saat ini menjamur. Karena dalam penggunaan harus pandai memilih dan memilah.

Sebab banyak pengguna media sosial yang terjerat hukum. Hal ini karena postingan yang dibuat berbau sara dan penghinaan. Karenanya warga harus betul betul mengerti dalam penggunaan.

Menurut, dari segi manfaat memang media sosial dapat membantu menyebarluaskan berita. Tapi bila disalah gunakan bisa membahayakan pengguna.

“Karenanya kita harus bijak dalam menggunakan dunia maya, ” kata Roby Cahyadi.

Menurutnya, memang tidak bisa dipungkiri di internet hampir semua informasi mudah didapat. Ini juga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Tapi juga semua informasi harus disaring apakah benar atau sebaliknya.

Roby Cahyadi juga mengapresiasi kepala Desa Sikuy yang melaksanakan kegiatan pelatihan dan ini baru pertama kali dilaksanakan. Oleh karennya kegiatan hendaknya dilakukan oleh desa lain. Hal ini untuk memberikan pemahaman positif kepada warga.

Sebab dalam era informasi dan tekhnologi, orang lebih cepat tanggap. Dalam mendapat informasi, sehingga apapun yang sipatnya informasi adalag benar.hal inilah warga perlu diberikan pemahaman.

“Marilah kita menggali informasi seluas luasnya, tapi harus ingat hanya orang bijak yang pandai dalam menggali informasi yang benar, ” pungkasnya.