Calon Independen Harus Kumpulkan Dukungan Warga di Enam Kecamatan Untuk Bisa Ikut Pilkada Murung Raya

oleh
Kantor KPU Murung Raya. Foto : Istimewah

MURUNG RAYA – Terhitung dari tanggal 25 – 29 Nopember 2017 nanti KPU Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah menerima pendaftran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur independen atau perorangan.

Ketua KPU Murung Raya, Izharudin saat dikonfirmasi mengatakan untuk syarat sendiri calon perorangan ini harus mengumpulkan 10 persen dukungan dari jumlah pemilih.

“Artinya kalau ingin maju harus mengumpulkan dukungan warga berupa bukti 8.300 lebih lembar fotocopy KTP-El dan kalau mau aman kumpulkan 10.000 saja,” sebut Izharudin, Selasa (21/11/2017).

Menurut Izharudin juga dalam KTP-El tersebut pemiliknya harus tersebar minimal di enam dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Murung Raya.

“Harus mempunyai dukungan masyarakat minimal yang ada di enam kecamatan dan untuk memastikan kebenaran dukungan tersebut kami akan melakukan pengecekan dengan sistem sensus,” jelas Izharudin kembali.

Dalam pengecekan tersebut disampaikan Izharudin pihaknya akan melibatkan para Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebab mereka tersebut yang mengetahui warga yang memberikan dukungan untuk bakal calon independen tersebut.

“12 – 25 Desember 2017 sudah masuk jadwal penelitian faktual untuk calon perorangan ini oleh kami dengan dibantu oleh pihak PPS sepengetahuan saya hanya ada satu calon independen nanti, yakni H. Syafuani,” tambah Izharudin.(Supri)