Dirjen Kemendes Kunjungi Desa Bungai Jaya

oleh
Kunjungan Dirjen Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi di Desa Bungai Jaya.

KUALA KAPUAS – Desa Bungai Jaya di Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mendapat kunjungan para pejabat dari Kementerian Desa, PDT dan Tranmisgrasi RI, Sabtu (18/11/17).

Para pejabat dari Kemendes yang berkunjung ke desa yang dipimpin oleh Kades Kadiman itu seperti Direktur Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Pemukiman Transmigrasi, Drs Putut Edy Sasono MSi. Kemudian ada juga Direktur Penataan Persebaran Penduduk, Direktur Bina Potensi Kawasan Transmigrasi serta Subdit TGL dan Kabag Hukum dan Ham PDT.

Kedatangan mereka untuk melihat secara langsung pelaksanaan program pembangunan pedesaan serta tata kelola pelaksanaan penggunaan anggaran desa. Saat tiba di Desa Bungai Jaya, Dirjen bersama rombongan langsung meninjau BUMDES dan melihat produk-produk kerajinan olahan yang dihasilkan oleh masing-masing desa dari berbagai kecamatan di Kapuas.

Saat melakukan dialog dengan seluruh camat, kepala desa serta pendamping desa se Kabupaten Kapuas, Dirjen Putut Edy Sasono, menjelaskan bahwa program Kementerian Desa bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan status desa, dari yang kurang berkembang menjadi berkembang dan pada akhirnya menjadi desa yang mandiri.

Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa bebijakan pemerintahan desa yang harus dikembangkan dalam pembangunan desa melalui dana desa, mencakup 4 program prioritas diantaranya embung desa, badan usaha milik desa, produk unggulan desa serta sarana dan prasarana olah raga.

Dirjen juga menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo sangat konsen menganggarkan dana desa setiap tahunnya, ini terbukti dengan peningkatan dana desa dari Rp 28 triliun pada tahun 2015 menjadi Rp 48 triliun tahun 2016. Sedangkan tahun 2017 dianggarkan sebesar Rp 120 triliun, sehingga setiap satu desa diharapkan bisa menerima kurang lebih Rp 1 miliar setiap tahunnya.

Sementara itu Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, mengatakan, sejak dikucurkannya dana desa, rata-rata semua desa yang ada di Kabupaten Kapuas sudah mulai bergerak melaksanakan pembangunan di desa masing-masing.

Ia juga mengingatkan kepada semua kepala desa agar dalam pelaksanaan pembangunan di desa harus memperhatikan skala prioritas. Kemudian dalam pelaksanaan pertanggungjawaban keuangan harus dapat dilakukan dengan tertib baik fisik maupun administrasi keuangannnya.

Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng ini juga berharap kepada semua desa di Kapuas, agar dapat melakukan inovasi dan kreativitas dalam penggunaan dana desa untuk kemajuan dan kemakmuran desanya. (irs)