Bupati Kapuas Serahkan Bantuan Kepada Para Lansia

oleh
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama para Lansia di Kecamatan Pulau Petak

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada belasan orang Lansia (lanjut usia) di wilayah Kecamatan Pulau Petak, Kamis (16/11/17) kemarin. Bantuan ini sendiri merupakan program Asistensi Sosial Lanjut Usia ( ASLUT) Tahun 2017 dari Kementerian Sosial RI.

Bantuan ASLUT yang diberikan kepada Lansia sebesar Rp 2 juta per KK/tahun. Untuk tahap pertama bantuan diberikan sebesar Rp 1,6 juta dan sisanya Rp 400 ribu menyusul diberikan. Program ini disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Kapuas.

Setidaknya terdapat 30 para lanjut usia terlantar tiga kecamatan di Kapuas yang mendapat bantuan ini yakni Kecamatan Selat dan Kecamatan Kapuas Hilir dengan jumlah sebanyak 19 orang dan Kecamatan Pulau Petak sebanyak 11 orang.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat berharap, bantuan yang diberikan tersebut agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meringankan beban hidup keluarga.

Kepada  kepada dinas instansi terkait serta para camat dan kepala desa, Ben berharap agar proaktif mengiventarisir data para lansia yang benar benar terlantar sehingga dapat diusulkan mendapatkan bantuan serupa dari Kementerian Sosial RI.

Harapan yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Jaya,  agar camat, lurah dan Kades dapat berpartisipasi aktif mendata warganya yang benar-benar lansia dan terlantar, mengingat sampai dengan Nopember 2017 baru terdata 130 orang Lansia saja se-Kabupaten Kapuas. (irs)