Bupati Barut Minta Seluruh Elemen Ikut Menangani Masalah Banjir

oleh
Banjir di Kecamatan Lahei

MUARA TEWEH – Langkah cepat penanganan banjir yang terjadi di beberapa desa yang berada pada alur sungai Lahei diantaranya Desa Haragandang, Karendan, Muara Pari, Rahaden, Bangahon, Muara Inu, Juju Baru, Hurung Enep dan Kelurahan Lahei I serta Kelurahan Lahei II Kecamatan Lahei,Kabupaten Barito Utara, terus dilakukan.

Baik secara terpadu dan koordinatif yang langsung dikomandoi oleh bupati Barito Utara Nadalsyah dan koordinator kendali penangganan sekretaris daerah Jainal Abidin, serta unsur pelaksana di lapangan yang dilakukan oleh dinas sosial BPMD, BPBD, camat lahei dan juga instansi terkait lainnya saling bahu membahu untuk melakukan penanganan evakuasi.

Diantaranya, adalah pendistribusian sembako, tenda, obat-obatan dan pelayanan dapur umum.

Kegiatan cepat tanggap juga mendapat dukungan dari PT. Mitra Barito dan seorang pengusaha asal kecamatan lahei, dimana mereka telah memberikan bantuan unit kapal LCT untuk mengangkut bahan sembako, tenda, alat transportasi air ke Desa Muara Inu sebagai titik pusat kegiatan bantuan penanggulangan bencana banjir di Desa desa di sepanjang Sungai Lahei.

Disamping distribusi logistik, LCT tersebut akan digunakan sebagai Posko Banjir, Pusat Pelayanan kesehatan, tempat evakuasi pengungsian, dapur umum serta menjadi pusat kendali darurat untuk melakukan koordinasi dan komunikasi.

Bupati Nadalysah mengimbau kepada semua elemen, maupun pelaku dunia usaha, yang ada di Barito Utara, agar dapat memberikan kepedulian dan perhatian terhadap musibah bencana banjir yang dihadapi oleh warga masyarakat.

Hal ini sebagai wujud peduli dan partisipasi dalam meringankan beban yang dihadapi oleh warga masyarakat dimana sedang tertimpa musibah banjir.

“Kita juga menghimbau kepada seluruh camat agar terus siaga dalam menghadapi banjir pada saat musim penghujan, sekarang ini,” kata Nadalsyah, Sabtu (18/11/17).