Pelabuhan Sungai Warga Puruk Cahu Hampir Tenggelam

oleh
Screenshot dari akun media sosial milik warga Kota Puruk Cahu yang mengeluhkan keadaan pelabuhan sungai

MURUNG RAYA – Pelabuhan sungai yang terletak di bawah Jalan Merdeka, Kota Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah dalam kondisi memprihatinkan, sehingga sudah cukup lama mengganggu warga pengguna pelabuhan tersebut.

Dari pantauan media online ini, pelabuhan yang mengapung di atas Sungai Barito tersebut, lantainya akan tenggelam setinggi tumit orang dewasa, ketika aktivitas penumpang mencapai puncaknya pada pagi hari.

“Kondisinya memang setiap hari seperti itu, apalagi pada pagi hari dengan banyaknya aktivitas penumpang armada sungai serta bongkar muat barang,” ungkap Andi, salah seorang buruh angkut di pelabuhan tersebut, Jumat (17/11/17).

Menurut Andi, tenggelamnya lantai pelabuhan sungai karena kayu log yang digunakan sebagai pengapung sudah lama tidak diganti, sehingga kurang mampu menahan berat dari semua aktivitas yang setiap hari berlangsung di pelabuhan tersebut.

Yang lebih miris lagi, pelabuhan sungai itu berdekatan langsung dengan Pos Polisi dan juga Pos milik Dinas Pehubungan Kabupaten Murung Raya, sehingga harus cepat diambil tinggakan memperbaiki salah satu fasilitas milik umum tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mura, Krisna Dehen mengatakan, pihaknya akan berupaya memperbaiki pelabuhan sungai tersebut dengan cara mengusulkan direhab pada tahun 2018 mendatang. (Supri)