Lima Jenis Durian Sanggau, Jadi Varietas Unggul Nasional

oleh
Buah Durian

SANGGAU – Setelah melalui proses yang cukup panjang dan rumit, akhirnya lima Varietas durian lokal asal Kabupaten Sanggau menjadi varietas unggul nasional. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari berbagai kontes durian yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau beberapa tahun terakhir.

“Varietas durian kita diakui oleh Kementerian Pertanian dan sudah diberikan sertifikat sebagai durian unggul nasional,” kata Kadis Hangpang Hortikan Sanggau, H. John Hendri kepada wartawan belum lama ini.

Dengan diakuinya lima jenis varietas ini, kata John, tentu membuat Dinas Hangpang Hortikan merasa bangga.

“Jadi sekarang itu, walau lokal, sekarang diakui oleh nasional, bahwa durian kita ini, itu layak dikembangkan,” ujarnya.

John mengakui bahwa berbagai kontes durian yang diadakannya ikut andil mempopulerkan durian asal Sanggau, sehingga hasil kontes ini menjadi viral. Karena yang menilai bukan saja lokal, tetapi juga dari pecinta durian di Indonesia.

“Mereka datang sendiri melihat kontes durian yang kita lakukan di Kabupaten Sanggau. Hasilnya kita usulkan ke pusat,” akunya.

Kelima jenis durian lokal yang menjadi varietas unggul di antaranya durian Slipi dari Balai Karangan, durian Jemungko Kuning dari Jemungko, durian Serumbut dari Balai Karangan, durian Tembaga Inu dari Entikong dan durian Balening dari Balai Karangan.

“Ini yang saya terima sertifikatnya,” pungkas John.

Setelah menerima sertifikat, dinas berencana melakukan peluncuruan pada kelima varietas ini untuk dikembangkan di Kabupaten Sanggau. (iin)