Kecamatan Lahei di Barito Utara Terendam Banjir

oleh
Banjir yang merendam beberapa Desa di Kecamatan Lahei, pagi tadi (16/11/17). Foto : Bani

MUARA TEWEH – Hujan yang melanda hampir seluruh wilayah di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, selama beberapa hari terakhir ternyata membawa dampak bagi masyarakat. Salah satunya Di Kecamatan Lahei.

Sekretaris Daerah (Sekda) Barito Utara, Jainal Abidin, Kamis (16/11/17) mengatakan, meningkatnya curah hujan beberapa hari kebelakang di Kabupaten Barito Utara membuat naiknya debit air sungai barito maupun beberapa anak sungai lainnya.

“Atas arahan bapak H. Nadalsyah kita mengambil langkah tanggap dan cepat untuk melakukan penanganan-penangganan darurat,” katanya.

Oleh karena itu, telah diperintahkan Kepala BPBD, Kepala Dinas Sosial dan PMD, serta beberapa perangkat daerah terkait lainnya untuk segera bertindak menangani keadaan ini.

Selanjutnya bupati juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat yang terkena banjir untuk dapat selalu meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan diri sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki.

Menurutnya, pemkab juga mengimbau untuk masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan berita-berita yang tidak benar. Saat ini, telah melakukan penanganan dan penanggulangan atas keadaan banjir ini.

“Seluruh camat kita perintahkan siaga dalam menghadapi banjir saat musim penghujan. Termasuk menyalurkan bantuan, ” jelasnya.

Menurutnya, untuk beberapa Desa di Kecamatan Lahei, seperti Karendan dan Haragandang serta desa lainnya di sungai Lahei, hari ini pemkab akan menyalurkan bantuan beras dan keperluan lainnya.

Hal ini, untuk bantuan sementara bagi seluruh warga yang kena dampak banjir hingga kedalaman diatas satu meter di sungai Lahei.

“Kita bersama dinas terkait siang ini akan menyalurkan bantuan untuk desa Karendan dan Haragandang serta desa lainnya. Dimana banjir saat ini sedang terjadi,” pungkas Jainal Abidin. (Bani)