Susun Rencana Penanggulangan Bencana, BPBD Kapuas Gelar Diskusi Publik

oleh
Diskusi publik penyusunan rencana penanggulangan bencana. Foto : Irvan

KUALA KAPUAS – Dalam rangka penyusunan rencana penanggulangan bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (15/11/17) menggelar diskusi publik.

Kegiatan diskusi publik yang berlangsung di aula Kantor Bappeda Kapuas, Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas, saat itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Kapuas, Rianova. Kepala BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan diskusi publik merupakan salah satu rangkaian dari proses penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB).

“Yang mana ini ditujukan untuk menyempurnakan isu strategis, lokus aksi, aksi prioritas serta mekanisme pengarustamaan dan mekanisme monitoring evaluasi (Monev). Nah, output dari kegiatan ini diantaranya penyepakatan isu strategis dan penetapan aksi prioritas,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Rianova, mengungkapkan bahwa berdasarkan catatan Data dan Informasi Bencana Indonesia (DIBI), bencana yang pernah terjadi di Kabupaten Kapuas adalah banjir, cuaca ekstrim, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan.

“Disamping itu, Kabupaten Kapuas juga berpotensi terjadi bencana seperti banjir bandang, gempa bumi, gelombang ekstrim dan abrasi. Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya penanggulangan yang tepat oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas,” ujarnya.

Nah, salah satu upaya awal yang dilakukan oleh Pemkab Kapuas dalam efektifitas upaya penanggulangan bencana daerah, adalah dengan menyusun kajian resiko bencana daerah.

“Kajian resiko bencana merupakan salah satu kunci efektifitas penyelenggaraan penanggulangan bencana dari tingkat nasional hingga daerah,” jelas Rianova. (Irvan)