Pemukulan Katambung oleh Bupati Kapuas Tandai Pembukaan Festival Tandak Intan Keharingan di Kapuas Tengah

oleh
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat memukul alat musik katambung tanda dibukanya Festival Tandak Intan Keharingan di Kecamatan Kapuas Tengah. Foto : Irvan

KUALA KAPUAS – Pembukaan Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2017 yang dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Tengah, Selasa (14/11/17) kemarin, ditandai dengan pemukulan alat musik Katambung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

Festival Tandak Intan Keharingan kali ini setidaknya memperlombakan sebanyak lima jenis lomba yaitu kendayu (kidung rohani) perorangan dan beregu, tandak (manandak), pembacaan kitab suci panturan dan terjemahan, penyampaian pandehen (siraman rohani), karungut yang bernafaskan agama Hindu Kaharingan.

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat saat membuka festival ini, menyatakan bahwa dirinya selalu siap mendukung semua kegiatan keagamaan yang ada di Kapuas.

“Kita harus selalu mendukung kegiatan keagamaan, karena ini sangat penting. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu pembangunan dibidang keagamaan,” katanya.

Mantan Kadis PU Provinsi Kalteng ini pun mengaku bangga atas terlaksananya kegiatan Festival Tandak Intan Kaharingan tersebut dan menyatakan akan terus melanjutkan pembangunan diberbagai bidang untuk kemajuan Kabupaten Kapuas.

Sementara itu, Sisto Hartati dari Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IT) Pusat Palangka Raya menerangkan, pelaksanaan Festival Tandak Intan Keharingan adalah dalam rangka memantapkan kerukunan hidup intern umat yang harmonis dan serasi sehingga sebagai umat Hindu Kaharingan memiliki kehidupan lahir dan batin.

Selain itu selaras, serasi, seimbang serta mampu mewujudkan dan memiliki nilai etika yang tinggi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Karenanya, ia berharap kepada seluruh umat Hindu Keharingan yang ada di Kabupaten Kapuas, agar selalu turut membantu membangun Kabupaten Kapuas agar lebih maju lagi. (Irvan)