KPU Buka Pendaftaran Paslon Perseorangan Hingga 26 November

oleh
Ilustrasi Calon Independent. Foto : sentananews.com

PONTIANAK – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat, Umi Rifdiyawati menyatakan, jika mulai tanggal 22 s/d 26 november 2017, KPU Provinsi Kalbar akan membuka penerimaan berkas dukungan minimal untuk pasangan calon perseorangan.

Menurut Umi, bagi pasangan calon yang akan maju melalui jalur perseorangan atau non partai (Independen) harus menyertakan syarat dukungan berupa KTP Elektronik (E-KTP) atau surat keterangan (Suket) dengan jumlah minimal, 300.883 dukungan, yang tersebar sekurang-kurangnya di 8 kabupaten/kota.

“Atau dukunganya lebih dari 50 persen jumlah kabupaten/kota di kalbar,” Terangnya.

Lanjutnya, mengingat akan banyak sekali berkas dukungan berupa E-KTP atau surat keterangan yang dibawa calon perseorangan ke KPU, maka dirinya meminta bakal calon perseorangan menyerahkan dukungan tersebut di awal pembukaan atau tanggal 22 november 2017.

“Secara tekhnis, KPU nantinya akan langsung menghitung serta mendata dukungan yang dibawa calon perseorangan,” ujarnya.

Tambahnya, jika dukungannya sudah memenuhi syarat minimal, maka KPU akan melanjutkannya kepada proses verifikasi faktual.

“Namun jika jumlah dukungan E-KTP atau surat keterangan yang dibawa bakal calon perseorangan tidak memenuhi syarat minimal, maka kami akan langsung mendiskulifikasi calon perseorangan tersebut,” pungkasnya. (Budi)