Intip ‘Sehatnya’ Bisnis Jus Kale dari Kebun Hidroponik Sola Farm

oleh
Jus Kale dalam kemasan botol

PONTIANAK – Siapa yang tak menggemari minuman jus. Pastinya setiap orang menyukai minuman yang pada umumnya berbahan dasar dari buah-buahan serta menyehatkan ini.

Tapi tidak dengan Jus yang dijual oleh petani Hidroponik Sola Farm. Adalah Rina pemilik kebun sayuran hidroponik di Gang Panorama, Pontianak Tenggara, kota Pontianak, Kalimantan Barat yang menjual jus dengan menggunakan sayuran jenis Kale hasil dari penanaman metode Hidroponik.

Kepada B-ONETV, Rabu (15/11/17) Rina menceritakan jika ide awal pembuatan jus Kale tidaklah dengan sengaja. Ia mengaku bingung dengan hasil panen sayur Kale di kebunnya yang melimpah dan mau dijadikan apa.

“Kale inikan sayuran yang harganya cukup mahal sampai 150 ribu perkilo. Saat itu panen melimpah kita bingung mau diapakan. Buat keripik, sup. Nah anak saya tercetuslah membuat jus Kale, syukurlah direspon positif dengan pembeli,” ujar Rina di kebun Sola Farmnya.

Kini Jus Kale milik Rina sudah dijual melalui online bekerjasama dengan perusahaan antar-jemput makanan online. Dalam sehari Sola Farm milik Rina mampu menjual 40 botol jus Kale dengan berbagai varian rasa yang berbeda. Dengan harga jual Rp25 ribu untuk setiap botol berukuran 250 mililiter.

Jus Kale dibuat dengan bahan campuran buah-buahan, seperti Apel, Nanas, dan Lemon. Jus Kale dipercaya dapat membuat badan lebih sehat, dikarenakan sayur Kale yang non pestisida dan bahan kimia berbahaya.

“Ada orang beli itu bilang, sejak minum jus Kale, badannya sehat, matanya enak. Bahkan sayur Kale ini bagus jika dicampur dengan makanan bayi, bubur atau sejenisnya,” ungkap Rina.

Ke depan Rina mengungkapkan jika ia dan Sola Farmnya akan terus berinovasi dengan Sayuran hidroponik. (Dede)