Awasi Pemilu, Panwaslu dan Kesbangpolinmas Sanggau Ajak Masyarakat

oleh
Kepala Kesbangpolinmas dan Ketua Panwaslu Sanggau. Foto : Indra

SANGGAU – Ketua Panwaslu Kabupaten Sanggau, Inosensius mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Sanggau untuk berpartisipasi dan terlibat aktif melalukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pilkada 2018 dan pemilu 2019. Hal itu disampaikannya usai memberikan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bersama stake holders di Kabupaten Sanggau yang dilaksanakan di kantor Bupati Sanggau, Rabu (15/11/17) siang.

Keterlibatan masyarakat melakukan pengawasan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, kata Ino sapaan akrabnya, sudah tertuang dalam rencana strategis Bawaslu yang menitik beratkan pada pengawasan partisipatif dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk wadah organisasi yang ada, Pemerintah dan aparat penegak hukum untuk terlibat dalam pengawasan selain pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu yang diberikan kewenangannya secara undang-undang.

Pada kesempatan itu, Ino juga mengajak masyarakat terutama tim sukses dan simpatisan tidak menggunakan isu identitas saat Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 guna mencegah potensi konflik di masyarakat. Untuk itulah, katanya, pentingnya pengawasan partisipatif dari masyarakat.

Panwaslu Kabupaten Sanggau sebagai pihak yang diberikan kewenangan oleh Undang-undang untuk melakukan pengawasan, lanjutnya, juga menyiapkan perangkat berupa aduan masyarakat yang bisa disampaikan kepada Panwaslu.