447 Dusun di Sanggau Masih Blank Spot

oleh
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Yulia Teresia

SANGGAU – Upaya menjadikan Dusun di Kabupaten Sanggau ‘melek’ internet dan jaringan seluler terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sanggau yang bertanggungjawab mewujudkan itu terus melakukan lobi-lobi ke Kementerian terkait supaya seluruh Dusun di Kabupaten Sanggau bisa menikmati jaringan internet dan jaringan selular. Hingga saat ini, sudah sebanyak 447 dusun di Kabupaten Sanggau yang belum terdapat sinyal alias blank spot.

“itu adalah data dari Kades/Kadus bersifat sementara karena belum berdasarkan survei teknis, dan ternyata setelah disurvei tim teknis beberapa dusun tersebut terdapat sinyal walaupun lemah (1 balok) sehingga belum diprioritas untuk dibangun,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Yulia Teresia, Rabu (15/11/17).

Dia menjelaskan, pada tahun 2016 di Kabupaten Sanggau sudah dibangun 5 BTS yang semua lokasinya masih memprioritas Perbatasan Kecamatan Entikong.

“Tahun 2017 ini pihak swasta juga ada membangun 5 menara di Kecamatan Sekayam. Sedangkan Kementrian Kominfo membangu 11 menara/BTS,” ujarnya.

Ditambahkannya, sampai tahun 2017 di Kabupaten Sanggau sudah terbangun 166 BTS yang tersebar di Kabupaten Sanggau.

“Tahun ini juga sudah dilakukan survei di 83 lokasi blank spot. Jka ada lahan maka kita bisa usulkan skala prioritasnya untuk tahun 2018,” pungkasnya. (indra)