Mentan Bantu Petani Batu Raya Alat Pertanian

oleh
Mentan Andi Amran Sulaiman Saat di kebun jagung milik warga, sebelum melakukan panen bersama di Desa Batu Raya, Selasa (14/11/17)

MUARA TEWEH – Ucapan Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran akan adanya perluasan lahan yanam jagung sebesar 50 ribu hektar pada tahun anggaran 2018, di wilayah Kabupaten Barito Utara. Nampaknya, akan direalisasikan. Hal ini,juga didukung oleh Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian RI,  Andi Amran Sulaiman, saat panen jagung di Desa Batu Raya II, Kecamatan Gunung Timang,  Kabupaten Barito Utara, Selasa (14/11/17) menyambut baik rencana Gubernur H. Sugianto Sabran tersebut.

Bahkan, Menteri Andi Amran Sulaiman juga sangat bangga dengan petani di wilayah Batu Raya, karena perluasan lahan tanam jagung setiap tahun meningkat.

“Saya sangat bangga dengan luas tanam yang ada,  dan hasilnya sudah dipanen. Maka dari itu, saya akan berikan lagi delapan unit alat untuk pembukaan lahan dan mesin panen jagung. Insya Allah dalam waktu delapan hari sudah tiba,” katanya.

Menurutnya, untuk wilayah Kalimantan Tengah memang sangat potensial ditanami jagung, karena melihat kondisi alam yang berbukit, khususnya Kabupaten Barito Utara. Oleh sebab itu, dengan adanya perluasan, maka pihaknya akan membantu bibit dan pupuk, serta ditambah lagi alat berat untuk para petani.

Dijelaskannya,  dengan perluasan sebesar 50 ribu hektar nanti, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Hal ini sesuai dengan program Nawacita, dimana harus kerja dan kerja.

Menteri juga mengapresiasi dengan banyaknya para petani yang sudah berhasil memperbanyak komoditi jagung di wilayah Barito Utara.

“Sehingga Barut menjadi daerah swasembada jagung di Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (Bani)