Dekan Cup FKIP Tiga Cabor Siap Digelar

oleh
Penanggungjawab dan koordinator kegiatan Dekan Cup FKIP Universitas Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Dalam waktu dekat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya (UPR) akan menggelar kejuaraan olahraga
khusus bagi kalangan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di kampus ini. Tiga cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan adalah futsal, bola voli dan korfball. Namun untuk korfball, ajang ini juga terbuka bagi masyarakat umum.

“Tujuan utama digelarnya pertandingan ini, masih belum sampai ke prestasi, hanya ingin menjalin kebersamaan. Apalagi semua unsur pimpinan fakultas baru saja menjabat. Jadi bagaimana membangun kebersamaan sesama kita, agar membawa fakultas ini ke arah lebih baik,” kata Wakil Dekan III FKIP UPR, Drs Rhodinus Sidabutar M.Pd didampingi masing-masing koordinator olahraga, Selasa (14/11/17).

Sedangkan untuk tahun depan, rencananya hanya akan dipertandingkan satu cabor saja, namun sifatnya open turnamen sehingga pesertanya tak hanya dari mahasiswa FKIP saja, tetapi juga dari luar kampus.

Ketua panitia pelaksana, Drs. Suparman, M.Pd mengatakan, even tahunan ini berlangsung dari 25 November sampai 2 Desember, tapi khusus untuk korfball pembukaan pada 18 November dan dilaksanakan di lingkungan kampus. Namun untuk futsal akan pertandingkan di luar kampus.

Koordinator korfball, Dr. U.Z Mikdar, M.Pd, mengatakan khusus untuk cabor sifatnya open turnamen sehingga pesertanya ada juga dari kabupaten lain. Sehingga sampai saat ini ada beberapa daerah yang sudah menyatakan ikut dalam ajang ini yakni Sampit, Pulang Pisau dan Katingan.

“Peserta yang sudah mendaftar baru 7 untuk tim senior dan 3 tim untuk kelompok usia 15 tahun. Ini merupakan tindak lanjut dari program pengabdian yang sebelumnya sudah digelar pelatihan dan penataran,” ujarnya.

Pada pembukaan korfball, akan dipertandingkan di lapangan rumput. Hal ini sengaja dilakukan agar korfball sebagai cabang olahraga baru, akan terus dipromosikan kepada masyarakat, salah satunya melalui kejuaraan dekan cup ini.(tva)