BPJS Palangka Raya : Kartu Selain KIS Masih Berlaku

oleh
Masyarakat menanyakan kebenaran informasi kartu kesehatan yang dikabarkan sudah tidak berlaku

PALANGKA RAYA – Beredarnya informasi di masyarakat, bahwa tidak berlaku lagi kartu Jamkesmas hijau dan biru, kartu askes kuning, kartu BPJS laminasi berwarna abu-abu dan e-ID, disanggah BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya.

“Kartu tersebut masih dapat digunakan. Penggantian kartu KIS akan dilakukan secara bertahap, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait hal itu,” kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palangka Raya, dr Elke Winasari, AAAK.

Untuk itu petugas BPJS Kesehatan akan melakukan pengecekan dan update data peserta. Jika peserta masih aktif, maka dilakukan updating data peserta meliputi nama, NIK, tempat lahir, tanggal lahir, alamat sesuai dengan identitas, nomor kartu keluarga dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

Dijelaskannya, kartu Jamkesmas warna biru dan hijau masih dapat digunakan untuk mengakses pelayanan sebanyak satu kali di FKTP/FKRTL dan untuk selanjutnya peserta diarahkan untuk melakukan penggantian kartu dari jamkesmas menjadi KIS.

Sedangkan penggantian kartu askes (warna kuning) dan proses up date dilakukan secara kolektif melalui satuan kerja untuk PNS dan TNI/Polri dan melalui PWRI/PEPABRI/LVRI untuk pensiunan/veteran dengan melampirkan fotocopy KTP,  fotocopy KK, slip gaji dan tunjangan terakhir dan SK terakhir.

BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya akan berkoordinasi dengan FKTP, khususnya puskesmas untuk penggantian kartu secara kolektif, sehingga masyarakat tidak perlu ke Kantor BPJS Kesehatan. Cukup mendatangi FKTP dengan melampirkan fotocopy KTP, fotocopy KK dan asli kartu jamkesmas. Untuk informasi penggantian kartu Askes, masyarakat dapat menghubungi petugas BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Muhammad Hendra, dengan nomor 08115230170. (tva)