Bantu Petani Mengolah Tanah, Dinas Pertanian Kapuas Segera Salurkan Alat Cultivator

oleh
Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Kapuas, Ringkesit

KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menerima 25 unit alat olah tanah cultivator dari Kementerian Pertanian RI. Alat mesin pertanian (Alsintan) ini ditujukan untuk para petani hortikultura yang tersebar di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Kepala Bidang Produksi Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Ringkesit, mengatakan, puluhan unit alat cultivator ini akan segera dibagikan kepada petani.

“Lima belas unit akan dibagikan sesuai proposal ajuan para petani. Nah, sisanya sepuluh unit akan dibagikan sesuai kebutuhan,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (14/11/17).

Menurut Rengkesit, alat pertanian ini sangat membantu petani dalam hal mengolah tanah, seperti salah satunya petani bawang merah. Di Kapuas sendiri budidaya bawang merah sudah cukup bagus, baik dari segi kemampuan petani, teknik budidaya dan hasil budidaya pun sudah bagus dan memuaskan.

Hanya saja, lanjut dia, para petani keterbatasan dalam hal kemampuan olah tanah sehingga budidaya pun menjadi terbatas.

“Nah, dengan adanya alat cultivator ini tentu sangat membantu petani dan dapat semakin meningkatkan budidaya bawang dan sayuran lain bidang hortikultura di Kapuas,” ujarnya.

Rengkesit berharap, agar pembagian Alsintan ini kepada para petani dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Dengan tujuan akhir bahwa budidaya bidang hortikultura semakin berkembang dan meningkat sehingga petani pun semakin sejahtera. (irs)