Angka Harapan Hidup di Kapuas Terus Meningkat

oleh
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kapuas, Hery

KUALA KAPUAS – Angka harapan hidup di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengalami peningkatan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pada tahun 2016 angka harapan hidup di daerah ini tercatat 68,49, angka ini meningkatkan dibanding tahun 2015 yakni 68,40.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kapuas, Hery mengatakan, meningkatnya angka harapan hidup menunjukan bahwa program pemerintah untuk memacu masyarakat hidup sehat cukup berhasil.

“Berarti apa yang dikerjakan oleh tenaga-tenaga pemerintah selama ini melalui program-programnya, baik masalah kesehatan maupun lainnya cukup baik sehingga dapat meningkatkan angka harapan hidup masyarakat,” katanya di Kuala Kapuas, Selasa (14/11/17).

Hery menambahkan, angka harapan hidup merupakan bagian dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Indeks pembangunan manusia meliputi umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak. Nah, umur panjang dan hidup sehat itu ialah angka harapan hidup dan saat lahir,” ungkapnya.

“Sedangkan pengetahuan ialah tentang harapan lama sekolah. Lalu standar hidup layak ialah pengeluaran perkapita yang disesuaikan. Dari tiga inilah maka dapat indeks kesehatan, indeks pendidikan, indek pengeluaran dan indeks pembangunan manusia sebagai salah satu indikator,” pungkas Hery. (irs)